Selasa, 06 Januari 2015

  No comments    
3 FAKTOR PENYEBAB PENYAKIT
Manusia adalah mahluk yang rentan terhadap serangan berbagai penyakit. Oleh karena lemahnya pertahanan tubuh maka penyakit akan mudah masuk kedalam tubuh. Ada 3 sumber penyebab penyakit pada manusia.
Faktor Pola hidup yang tidak sehat (pola makan, minum, olahraga, istirahat,dll)
Faktor keturunan (genetika), sudah memiliki bibit penyakit dari keturunan.
Faktor Mikroorganisme ( mikroba Patogen, virus, jamur, bakteri)
FAKTOR 1
- Makan secara teratur, bergizi dan meyehatkan. Mengontrol makanan-makanan yang tinggi lemak jenuh seperti goreng-gorengan, jerohan, daging-daging yang memiliki lemak tinggi.
- Istirahat yang teratur, tidur malam min 4 jam sehari semalam. Berolahraga minimal seminggu 2 kali
- Jangan merokok, karena rokok adalah racun
FAKTOR 2
Penyakit yang disebabkan faktor keturunan (genetika) sulit disembuhkan, namun bisa diantisipasi dengan cara menghindari makanan-makanan yang bisa menimbulkan penyakit tersebut kambuh.
Misalnya :
Kalau kita memiliki bibit penyakit Diabetes, mungkin orang tua kita ada penderita Diabetes maka hindari konsumsi gula diatas rata-rata konsumsi normal. Lebih baik dikurangi porsinya dari kondisi normal.
FAKTOR 3
Penyakit yang disebabkan Mikroorganisme.
Mikroorganisme atau mikroba adalah organisme yang berukuran sangat kecil sehingga untuk mengamatinya diperlukan alat bantuan mikroskop.
Bakteri Lactobacilus memiliki gram
POSITIF yang bermanfaat untuk
pencernaan
Didalam Tubuh manusia memiliki Triliyunan Mikroorganisme atau Mikroba.
- Mikroba yang bersifat Patogen (negatif)
- Mikroba yang memiliki gram positif (baik)
Kedua mikroba ini dibutuhkan oleh tubuh manusia. Seseorang dikatakan sehat apabila kedua mikroba tersebut (mikroba patogen maupun mikroba yang baik) didalam tubuh membuat suatu keseimbangan.
BAGAIMANA MIKROBA PATOGEN MENYEBABKAN PENYAKIT?
Penyakit yang disebabkan oleh mikroba patogen ini sulit dideteksi bisa saja menyerang secara tiba-tiba.
Faktor dari luar tubuh
Penyerangannya bisa melalui media apa saja, bisa lewat udara yang kita hirup, lewat air yang diminum, lewat benda-benda yang kita pegang, didukung kondisi badan kurang fit maka sangat mudah mikroba-mikroba patogen (negatif) tersebut berkembang dalam tubuh.
Faktor dari dalam tubuh, pikiran tidak tenang, cemas, emosional, hal ini memicu ketidak seimbangan didalam tubuh.
Kesehatan akan tercipta manakala di dalam tubuh mengalami keseimbangan. Sebagai contoh sakit flu penyebabnya adalah bakteri Influenza (bakteri patogen), ketika tubuh dalam kondisi lemah maka bakteri tersebut menjalar dan membentuk komunitas besar yang bersifat patogen. Akibatnya tubuh akan mengalami demam, batuk, tenggorokan gatal, jika tidak segera di obati maka akan berakibat fatal.

0 komentar:

Posting Komentar